Tuesday, May 18, 2010

Mudahnya Memulai Bisnis Percetakan



Bismillaahirrahmaanirrahiim



Banyak orang berpikir bahwa untuk berbisnis saat ini diperlukan modal besar, pengalaman yang memadai, serta skill mumpuni. Semua tersebut tidak salah, tapi tidak juga sepenuhnya benar. Karena untuk terjun kedunia percetakan ternyata tidak serumit yang dibayangkan. Sulit karena belum pernah bersentuhan, belum pernah mencoba, kalo sudah nyoba pasti bakal ketagihan.

Tidak perlu modal besar, tidak perlu skill khusus, tidak perlu pengalaman, bahkan tidak perlu bisa membaca alias buta huruf juga bisa, bener saya serius, bahkan 2 rius, cukup hanya dengan bermodal kemauan dan sedikit keuletan, insyaalloh pasti bisa.



Pernah suatu ketika saya ketemu dengan seorang agen percetakan, setelah basa - basi ngobrol sana - sini, ternyata orang tersebut tidak bisa baca tulis, dan bagaimana bisa dia terjun dalam dunis cetak mencetak yang notabene pasti berhubungan dengan dunia tulis menulis? ceritanya rada panjang, intinya dia selalu bawa asisten setiap kali memproses order cetakannya. entah anaknya, tetangganya atau juga temannya. Jadi melalui mereka dia bisa tahu huruf - huruf ejaaan yang ada dicetakannya sudah benar atau belum. Tapi intinya ternyata orang buta huruf juga bisa mendapatkan rezeki dari percetakan, hebat kan ?

Bagaimana, Anda masih tertarik dengan bisnis percetakan ?

3 jenis katagori pengusaha percetakan

Sebetulnya katagori ini bisa - bisa saya aja, saya bagi menjadi 3 katagori karena berdasarkan pengalaman, memang akhirnya mereka yang terjun dalam dunia percetakan ini ada kelas - kelasnya, ada kelas atas, menengah, dan bawah.

1. Pengusaha Percetakan kelas atas
Biasanya yang masuk kategori ini mereka yang usaha percetakannya sudah punya badan hukum, bisa perorangan, CV atau PT. sudah punya manajemen dan sistem pembukuan yang terorganisir secara profesional. Kalau yang udah gini biasanya omsetnya sudah ratusan juta bahkan milyaran dalam sebulan.

2. Pengusaha Percetakan kelas menengah
Bisanya jenis yang kedua ini mereka belum punya badan hukum, tapi sudah punya tempat semacam kios, toko dan ada plang nama di depannya yang menunjukan bahwa toko atau kios tersebut sebuah percetakan, dan bisa menerima berbagai macam orderan percetakan. untuk jenis yang kedua ini bisanya omsetnya masih dibawah 100 jt an, dan manajemennya biasanya masih manajemen teman, saudara atau bersifat informal.

3. Pengusaha Percetakan kelas bawah ( baca "Agen Percetakan )
Walaupun kelas bawah, bukan berarti pendapatannya pas-pas an, Saya banyak mengenal Pengusaha kelas bawah ( baca " Agen ") ini yang mereka bisa mencukupi kebutuhan keluarganya bahkan bisa menyekolahkan anak - anaknya secara normal, umumnya omset mereka masih dibawah 20 jt an, dengan asumsi keuntungan atau profit margin dari percetakan rata - rata 30 %, maka dia bisa mengantongi keuntungan perbulan 5 - 6 jt. Lumayan bukan ? ya iya lah

Katagori yang ke 3 inilah yang akan kita bahas, dan saya maksudkan dalam pembukaan tulisan saya diatas, untuk masuk dalam katagori yang ini tidak perlu persyaratan yang berbelit - belit, ga perlu skill khusus, ga perlu modal besar, ga perlu pengalaman yang memadai, ga perlu punya mesin cetak, ga perlu bisa setting komputer, ga perlu bisa sablon, cukup hanya bermodal kemauan dan sedikit keuletan, insyaalloh bisa!

Untuk mendirikan sebuah percetakan yang besar dan profesional, bisa kita mulai dari yang kecil dulu, dari mengerjakan order yang sederhana dulu, dari yang mudah dulu, dengan berjalannya waktu kita bisa meningkatkan jenis-jenis order cetakan serta jenis konsumen yang bisa kita layani. Prinsipnya coba dari yang kecil dulu, dari yang paling mudah dan paling cepat menghasilkan.

AGEN PERCETAKAN

Untuk jadi agen percetakan ini prinsipnya mudah yaitu mendapatkan atau mencari oder cetakan, order cetakan bisa dari saudara, tetangga, teman, kenalan, atau bahkan orang yang butuh cetakan, selanjutnya setelah order di dapat, kita bawa orderan tersebut ke Percetakan yang punya mesin cetak. Disanalah kita proses order tersebut.

JENIS ORDER YANG BISA DIKERJAKAN

1. Kartu Nama
2. Undangan pernikahan,khitanan, safarul haji, ulang tahun.
3. Nota dan Surat Jalan Toko, klinik, Rumah Makan.
4. Spanduk Kain
5. Spanduk print digital

Pertanyaan selanjutnya bagaimana untuk bisa mendapatkan order tersebut?

Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan order ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Tentukan sebuah nama untuk usaha percetakan Anda, ini penting untuk promosi anda. Misal " Percetakan Amanah " " Percetakan Super Kilat " dll.

2. Buat spanduk promosi untuk percetakan Anda,
spanduk tersebut menjelaskan tentang usaha dan jenis order yang bisa Anda lakukan. Ukurannya min 1 x 3 mtr, spanduk tersebut kemudian Anda letakkan di depan rumah Anda, atau sudut rumah atau tempat yang paling memungkinkan di lihat orang lewat.

3. Buat Kartu Nama,
Buat minimal 1 box, cantukan nama percetakan, Nama Anda, Alamat Lengkap, nomer telpon yang bisa di hubungi, serta jenis order yang bisa Anda kerjakan.
Sebarkan kartu nama ini kepada orang - orang disekitar Anda, juga pada orang - orang yang Anda kenal, atau kepada kenalan Anda.

4. Buat Brosur
Buat ukuran 1/2 Folio sebanyak 1 rim, sebarkan brosur ini ketempat - tempat yang
lebih resmi, contoh ke sekolah-sekolah, toko, klinik-klinik dll

Untuk tahap awal, Promosi ini bisa Anda lakukan semua atau sebagian saja tergantung situasi dan kondisi, serta keuangan Anda tentunya. Intinya action aja dulu, jangan kebanyakan mikirnya, nanti juga akan ketemu jalannya.


Masalah umum yang sering timbul dalam memulai bisnis percetakan

1. Harus mulai dari mana ?
2. Berapa modal yang harus di persiapkan ?
3. Dimana tempat yang cocok atau strategis berusaha percetakan ?
4. Bagaimana memproses orderan cetakannya ?


bersambung


Kalau masih penasaran tunggu episode selanjutnya, insyaalloh saya sambung lagi.


3 comments:

  1. wahyu7:08 PM

    ayo pak dilanjut... penasaran nih

    ReplyDelete
  2. Di Jual Mesin Offset Second MO & GTOZ. Kondisi Sehat 85%. Barang bagus, langsung dari perusahaan percetakan. Hubungi pemilik mesin (08129975679) atau kunjungi : http://jualmesincetakoffset.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. wuih bener2 cakep artikelnya, penyemangat, 100% persen motivasi canggih

    ReplyDelete

silahkan Anda Isi Form Berikut Untuk Komentar