Wednesday, May 19, 2010

Masalah Umum Dalam Memulai Bisnis Percetakan

Bismillahirrahmaanirrohim

Sebagaimana umumnya yang terjadi dalam permulaan bisnis, apapun jenisnya seringkali terjadi kebingungan, hal tersebut terjadi karena minimnya pengalaman kita akan bidang yang akan kita geluti, atau bahkan karena ketidaktahuan kita akan bisnis yang kan digeluti.
Dalam bisnis percetakanpun demikian, berikut saya akan coba uraikan masalah - masalah tersebut. Sebetulnya kalau mo di runut satu persatu pasti banyak sekali, tapi dalam kesempatan ini saya akan coba bahas yang masalah yang paling mendasar saja.

Masalah umum yang sering timbul dalam memulai bisnis percetakan

1. Harus mulai dari mana ?
2. Berapa modal yang harus di persiapkan ?
3. Dimana tempat yang cocok atau strategis berusaha percetakan ?
4. Bagaimana memproses orderan cetakannya ?



1. Harus mulai dari mana

Untuk memulai bisnis ini, tahap awal Anda bisa mulai observasi keberadaan percetakan-percetakan yang menyediakan jasa cetak. Artinya percetakan yang memiliki mesin cetak offset, yang menerima jasa cetak. Lalu cari percetakan yang menerima jasa setting, lalu cari toko kertas yang menjual macam-macam jenis kertas dalam ukuran besar. Biasanya keberadaan mereka di setiap kota saling berdekatan.
Setelah Anda tahu masing - masing tempat tersebut, maka ketika Anda mendapat order cetakan maka kesanalah anda akan kerjakan order anda tersebut.

2. Modal Usaha

Untuk modal usaha menjadi agen percetakan sebetulnya tidak perlu modal besar, karena anda bisa mulai bisnis ini dari menangani order - order yang kecil terlebih dahulu, misal order kartu nama, undangan, stiker atau form - form toko. bahkan untuk kasus tertentu tanpa modalpun bisa Anda lakukan. Ga percaya ! berikut ilustrasinya

Contoh Kasus

Anda mendapatkan order undangan penikahan sebanyak 1000 lbr, dengan asumsi harga
perlembar Rp 1.500,- hingga total uang yang akan Anda terima Rp 1.500.000,-

Tahap awal Anda bisa bilang kepada konsumen Anda untuk minta DP minimal 50 % dari total penjulan yaitu Rp 750.000,-, dengan uang Rp 750.000, di tangan. Maka Anda datangi percetakan yang bisa melayani pembuatan undangan tersebut. Disana Anda bisa bernego dengan orang percetakan tersebut, katakan bahwa Anda punya order undangan dan bermaksud bekerjasama dalam pembuatannya ( Istilahnya Anda berprilaku seolah-olah sebagai broker atau calo, sebetulnya dalam dunia percetakan Anda di sebut Agen Percetakan)Anda tawar harga pengerjaan undangan tersebut menjadi Rp 1000,- / lembar. Ko bisa murah sekali nawarnya, ya bisa aja, ingat dalam bisnis undangan, tingkat keuntungan / profit margin berkisar antara 30 - 50 %. Jadi dengan kita tawar 1000 / lembar, harga tersebut masih menguntungkan buat mereka. Lalu Anda pun membayar DP nya sebesar 50 % dari sejuta alias 500 ribu. he he he kini Anda punya uang cash 250 ribu selisih dari DP yang Anda terima dari konsumen Anda.
Selanjutnya setelah 4 - 5 hari kemudian order undangan yang sudah jadi, Anda ambil, Anda pakai uang yang 250 ribu sisanya untuk tambahan uang pelunasan, Anda nego dengan percetakan tersebut bahwa sisa pembayaran 250 ribu lagi akan Anda bayar setelah Anda terima uang pelunasan dari konsumen Anda. Karena masih order pertama, mungkin saja mereka tidak langsung percaya, takut - takut kalau anda tidak balik lagi, untuk meyakinkan mereka Anda bisa kasih jaminan entah SIM atau KTP Anda. ini juga pilihan terakhir kalo mereka tidak juga percaya Anda.
Singkat kata, setelah uang pelunasan undangan tersebut anda terima maka segeralah anda lunasi hutang Anda, jangan pernah menunda-nunda. Anda sedang memulai usaha, jangan cuma membangun usaha yang anda pikirkan tapi juga membangun kepercayaan.

Jelas yaa sekarang dengan modal Rp 0,- Anda bisa mendapatkan keuntungan 500 ribu, enak kan ! ya i ya laah dan Alhamdulillah

Ingat, bisnis apapun harus dimulai dari membangun kepercayaan, kepercayaan akan timbul setelah ada pembuktian dan bukan karena di minta, jadi berusahalah untuk selalu jujur dalam berbisnis, jaga kepercayaan konsumen serta klien anda. Bila kepercayaan telah terbangun niscaya usaha andapun akan semakin berkembang dan jangan heran bila kemudian kemudahan-kemudahan akan anda temui dalam perjalanan bisnis Anda

3. Tempat Usaha

Tempat usaha yang cocok atau strategis sebetulnya relative, karena banyak kasus usaha yang katanya berada pada tempat paling strategis, paling menguntungkan berada di pusat kota, mudah di jangkau dari segala arah, namun ternyata dalam perjalanannya justru bangkrut. namun sebaliknya ada usaha yang lokasinya standar namun bisa bertahan bahkan berkembang.

Tapi kali ini karena pembahasan usaha percetakan ini baru mulai dan masih kecil – kecilan dengan modal pas-pasan, maka pilihan tempatnya adalah dimana Anda tinggal, bila Anda tinggal di rumah sendiri, maka disitulah tempat usaha percetakan Anda, bila masing ngontrak atau ngekos maka disanalah usaha usaha percetakan Anda. Sebetulnya sederhana untuk membuka percetakan ini, cukup dengan membuat spanduk ukuran 1 x 3 meter atau 1 x 2 meter, lalu Anda letakkan di depan rumah atau kontrakan Anda, selesai dan selamat Anda sudah punya usaha percetakan, alias agen percetakan.

4. Memproses Orderan

Ketika order sudah Anda dapatkan, maka selanjutnya Anda yaitu Anda memproses orderan tersebut. cara proses yang mudah sudah saya jelaskan diatas, yaitu cari saja percetakan yang mau mengerjakan semua proses pembuatan undangan tersebut. Kalau itu yang anda lakukan maka Anda harus rela berbagi keuntungan dengan mereka. Kalau anda ingin memaksimalkan keuntungan anda maka anda harus melakukan step-step berikut.

Untuk mudahnya saya akan buatkan ilustrasinya, misalnya Anda akan memproses order undangan.

Langkah - langkahnya

a. Setelah order diterima, kemudian Anda menuju percetakan yang melayani setting undangan, sekaligus mempunyai mesin cetak. Disetiap kota bisanya selalu ada percetakan yang melayani jasa setting serta cetak offset ( mempunyai mesin cetak ). disana anda dapat mengerjakan order Anda.

b.Pilihan kedua, dan ini yang lebih baik yaitu anda cari percetakan yang selain melayani jasa setting, cetak offset juga menjual bahan kertas dari berbagai jenis serta ukuran termasuk kertas undangan. Bila Anda mendapati percetakan seperti ini maka cukup hanya datang kesatu tempat ( percetakan tersebut )maka order cetakan anda akan langsung selesai, tanpa perlu kemana-mana lagi.
Untuk daerah karawang anda bisa datang ke Percetakan Cipta Grafika yang berlokasi dibelakang Mega M, dengan konsep One Stop Printing Center , Cipta grafika menawarkan segala kebutuhan cetak Anda dari awal sampai akhir. Ibaratnya Anda tinggal bawa uang kesana maka urusan cetak Anda beres tanpa susah dan ribet mengurusnya.

Atau kalau dikota anda tidak ada percetakan yang mempunyai konsep seperti itu, maka anda harus bergerilya mengerjakan order undangan tersebut step by step dengan negunjungi satu persatu percetakan tesebut.

Urutannya sebagai berikut
- Buat setting sekaligus master atau film cetak ( kalo belum ngerti apa itu master atau film, silahkan tanyakan pada orang settingnya.
- Beli kertas
- Cetak undangan

Selesai dehh, mungkin order pertama agak bingung, tapi kalau sambil dipraktekan pasti gampang rasanya. dan untuk order selanjutnya pasti anda akan dengan mudah mengerjakannya.
Ingat, bisnis percetakan ini mudah, jangankan anda yang bisa baca tulis, orang buta huruf aja bisa exis di bisnis ini. ga percaya baca cerita lengkapnya di artikel saya terdahulu.

Selamat mencoba, bismillah tekadkan hati, bulatkan kemauan, doa panjatkan, iktiar maksimalkan.

Doa amalan dari Ust Yusuf Mansur yang beliau ijazahkan ketika pengajian di masjid An Nida TPI, Pengajian subuh :

" Ya fattahu, ya rozzaku, ya muhawwilal ahwal, hawwil haalana ila ahsanil haal, hasbunalloh wa ni'mal wakil ni'mal maula wa ni'man nashir wa laa haula wa laa quwwata illa billahil aliyil adzim "

" wahai zat yang maha membuka, wahai zat yang memberi rizki, wahai zat yang membolak-balikkan keadaan, robahlah keadaan kami kepada sebaik-baiknya keadaan, cukuplah Alloh sebagai wakil, Dialah sebaik-baiknya pelindung dan Dialah sebaik-baiknya penolong, tiada daya dan upaya kecuali karena atas kehendak Alloh yang maha tinggi dan maha mulia ".







4 comments:

  1. susahnya ditempat saya jauh dari toko kertas shg cost-nya tinggi buat beli keluar kota, penginnya harga bisa brsaing dg percetakan sktr, gmn caranya ya pak??

    ReplyDelete
  2. Tahun 2012 segera berakhir.. Ayo sambut tahun baru 2013 dengan cetak kalender baru. Ada PROMO CETAK KALENDER 2013 di PT Surya Mas Grafika.
    CETAK 500 pcs cuma 12.200*.
    Cek disini : http://blog.suryamasgrafika.co.id/promo-kalender-2013/

    ReplyDelete
  3. Subhanallah. Saya semakin termotivasi buat membuka usaha ini .. saya masih siswi kelas 2 sma dan mempunyai cita cita wirausahawan. Saya menpunyai mimpi yang ingin saya wujudkan salahsatunya buka usaha ini. Tapi saya masih kurang ilmu.. Inshaa Allah saya ingin melanjutkan kuliah ambil design grafis. Trimakasih atas infonya saangat menarik pak! Doakan saya ya oak dpt menggapai impian itu. Aamiin :D

    ReplyDelete
  4. KAMI ADALAH SUPLIER MESIN PERCETAKAN OFFSET, REKONDISI MESIN YANG DIIMPORT LANGSUNG DARI LUAR NEGERI. ADA BEBERAPA MEREK TERSEDIA DI SHOWROOM KAMI, ANTARA LAIN : HEIDELBERG, OLIVER, RYOBI, KOMORI. TERSEDIA JUGA MESIN-MESIN PENDUKUNG SEPERTI; MESIN POTONG, PLAT MAKER, MESIN JILID BINDING, DLL. MESIN-MESIN YANG KAMI JUAL ADALAH SIAP PAKAI DAN KAMI JUGA MENYIAPKAN TENAGA AHLI UNTUK MAINTENANCE. SIAP KIRIM KE SELURUH TEMPAT DI INDONESIA.

    JIKA ANDA BERMINAT BISA MENGHUBUNGI KAMI.
    PT.ALAM DIANRAYA
    Kawasan SIER JL.BERBET INDUSTRI III NO 7-11
    WARU SIDOARJO 61256
    Kontak kami :
    082-384-222-336
    Pin BB: 2A90DC9D
    Email pt.alamdianraya@gmail.com
    Inilah harga-harga mesin cetak offset tersebut:
    • Mesin Cetak Toko 810, 1 warna: Rp. 11 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Toko 820, 1 warna: Rp. 12 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Toko 1800CD, 1 warna: Rp. 10 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Toko 2000CD, 1 warna: Rp. 10 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Toko 4700CD, 1 warna: Rp. 14 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Toko 4700CDNP, 1 warna: Rp. 22 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Gestetner 211, 1 warna: Rp. 12 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Hamada 500CD, 1 warna: Rp. 22 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Hamada 600CD, 1 warna: Rp. 15 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Hamada 600, 2 warna: Rp. 13 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Hamada 601/602, 1 warna: Rp. 130 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Hamada 611XL/612XL 1 warna: Rp. 130 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Hamada 700CD ,1 warna: Rp. 19 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Hamada 700DX/700CDX, 1 warna: Rp. 27 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Hamada 800DX, 1 warna: Rp. 28 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Hamada E47, 1 warna: Rp. 32 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Hamada B52VF, 1 warna: Rp. 42 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Hamada B52SF, 1 warna: Rp. 47 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Ryobi 2700CD, 1 warna: Rp. 17 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Ryobi 2800CD, 1 warna: Rp. 15 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Ryobi 3200CD, 1 warna: Rp. 20 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Ryobi 3200MCD, 1 warna: Rp. 17 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Ryobi 480D, 1 warna: Rp. 23 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Ryobi 480N, 1 warna: Rp. 24 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Ryobi 480K, 1 warna: Rp. 32 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Ryobi 480KNP, 1 warna: Rp. 43 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Ryobi 500K, 1 warna: Rp. 39 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Ryobi 500KNP, 1 warna: Rp. 60 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Ryobi 500N tahun 1994: Rp. 24 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Ryobi 520, 1 warna: Rp. 75 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Ryobi 3304 HA tahun 2001, 4 warna: Rp. 190 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Heidelberg T PLATEN, 1 warna: Rp. 10 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Heidelberg GTO 46, 1 warna: Rp. 68 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Heidelberg GTOZ 52, 2 warna: Rp. 1130 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Heidelberg SORDZ, 2 warna: Rp. 150 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Heidelberg SORM, 1 warna: Rp. 120 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Heidelberg SORMZ, 2 warna: Rp. 255 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Heidelberg SORSZ, 2 warna: Rp. 250 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Sakurai Oliver 58, 1 warna: Rp. 100jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Sakurai Oliver 72, 1 warna: Rp. 125 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Sakurai Oliver 272, 2 warna: Rp. 265 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Sakurai Oliver 258, 2 warna: Rp. 170 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Komori Sprint26 ,1 warna: Rp. 125 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Komori Sprint26, 2 warna: Rp. 150 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Komori Excel Sprint L25 tahun 1983: Rp. 65 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Komori Excel Sprint L225 tahun 1985: Rp. 110 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak Komori LS40, 4 warna: Rp. 600juta M (bekas)
    • Mesin Cetak Fujica 47: Rp. 100jutaan (baru)
    • Mesin Cetak Fujica 56: Rp. 125 jutaan (baru)
    • Mesin Cetak Fujica 62: Rp. 150 jutaan (baru)
    • Mesin Cetak Sprintjettech 54×46,4: Rp. 67 jutaan (baru)
    • Mesin Cetak AB Dick folio, 1 warna: Rp. 10-23 jutaan (bekas)
    • Mesin Cetak AB Dick folio CD, 1 warna: Rp. 15-30 jutaan (bekas)
    Jika mesin-mesin tadi harus didatangkan dari luar negeri, maka harga jualnya bisa lebih Murah karna setiap pembelian kami dapat bonus

    ReplyDelete

silahkan Anda Isi Form Berikut Untuk Komentar